Abstrak/Abstract |
Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 mengakibatkan segala sesuatu berubah termasuk pola hidup manusia. Saat ini kegiatan yang dilakukan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Terlepas dari tindakan protokol keamanan yang ketat dari restoran, pelanggan umumnya tidak merasa aman makan di restoran (dine-in) selama pandemi. Pada penelitian ini, lingkungan restoran terbagi dalam bentuk kelas premium, deluxe, dan standard. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi atribut lingkungan yang ergonomis di restoran untuk makan ditempat (dine-in) di era tatanan kehidupan baru dan mengetahui alternatif terbaiknya. Total 503 responden dari 3 provinsi di pulau Jawa (Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta) yang mengikuti survei dalam penelitian ini. Rinciannya, 41 responden dibutuhkan untuk wawancara, 418 responden untuk penentuan atribut, dan 44 responden ahli untuk model Technique for Order Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil Kansei menghasilkan atribut pada kelas premium sebanyak 37 atribut, atribut sebanyak 39 atribut pada kelas deluxe dan 27 atribut pada kelas standard. Alternatif terbaik yang didapatkan menggunakan metode TOPSIS adalah konsumen cenderung memilih restoran fasilitas kelas premium untuk melakukan dine-in di restoran di era tatanan kehidupan baru. |